Thursday, July 26, 2012

Strategi Pemasaran Bisnis Online


Strategi pemasaran bisnis online adalah faktor terpenting yang harus dilakukan seorang pelaku usaha. Aturan ini berlaku pula bagi para pebisnis online. Ketatnya kompetisi bisnis online memaksa mereka harus menerapkan strategi pemasaran yang jitu.

Dalam beberapa tahun terakhir, pertumbuhan bisnis online di tanah air semakin  pesat. Kondisi ini bisa kita lihat dari semakin banyaknya pelaku usaha yang menjual produk atau jasa melalui situs internet. Salah satunya berupa toko online. Toko online adalah toko yang berjualan produk barang atau jasa dengan memanfaatkan internet sebagai etalase. Toko ini biasanya berupa website komersial atau blog.

Bukan tanpa alasan para pelaku usaha lebih memilih menjalankan usahanya melalui situs online. Ada sejumlah faktor yang memicu minat kalangan pelaku usaha terjun ke bisnis online. Salah satunya, melalui sarana internet pelaku usaha dapat menjangkau pasar yang lebih luas daripada jangkauan pasar toko offline. Selain itu bisnis online tidak membutuhkan modal yang terlalu besar karena tidak memerlukan biaya tempat atau peralatan sebesar toko offline. Modal yang dibutuhkan paling sekitar Rp 3 juta . Dana ini digunakan untuk membuat website yang memadai.

Meskipun demikian, layaknya bisnis offline, bisnis online juga membutuhkan strategi pemasaran yang jitu. Banyak strategi pemasaran yang bisa diterapkan seseorang ketika menekuni bisnis online, antara lain :

1. Riset Produk 
Strategi pemasaran yang sangat penting dilakukan seorang pebisnis online adalah melakukan riset pasar produk. Kita harus melihat terlebih dahulu produk apa yang paling populer dan dicari oleh banyak orang. Tren ini bisa kita lihat melalui siitus promosi online yang sudah terkenal sebagai pengiklan produk dan jasa di internet, seperti Kaskus. Kita bisa melihat dari produk yang terkecil, misalnya dengan ketik "keyboard" atau "mouse" komputer. Ini adalah produk yang dicari oleh semua kalangan, dari kalangan anak sekolah hingga dewasa.

Kemudian tentukan target pasar, untuk menentukan target pasar pemilik usaha harus tahu betul bahwa sasaran konsumennya memang familiar dengen internet. Kemudian mereka harus mengenal transaksi lewat internet.

2. Optimasi Website
Sebagian besar pengguna internet mencari informasi melalui mesin pencari (search engine) seperti Google, Yahoo, dan MSN, sesuai key-word atau kata kunci yang diinginkan. Umumnya pengguna internet hanya akan mengklik link yang teratas dari hasil pencariannya, atau setidaknya link yang ada pada halaman pertama. Supaya website kita bisa tampil di halaman depan, optimasi terhadap website perlu dilakukan pebisnis online agar strategi pemasaran juga ikut berhasil. Upaya ini disebut SEO (search engine optimization).

Teknik SEO adalah cara agar pebisnis online mengupayakan website di halaman utama mesin pencari. Dengan teknik SEO pebisnis online bisa dapat mempromosikan produk atau jasanya melalui kata kunci yang banyak dicari konsumen. Penggunaan SEO yang tepat akan membantu sebuah website atau objek dagangan di online mudah ditemukan melalui mesin pencari.

Tidak kalah penting, isi situs kita harus selalu diperbaharui,. Misalnya update informasi produk dan foto. Jangan lupa beri penjelasan yang deskriptif.


3. Metoda Promosi 
 Salah satu metoda pemasaran bisnis online adalah melalui PPC (pay per click). PPC merupakan metode pemasaran online yang menempatkan iklan produk atau jasa di bagian atas mesin pencari. Ada sejumlah biaya yang harus dikeluarkan pebisnis online jika menggunakan metode pemasaran PPC.

Jika ingin melakukan pemasaran sendiri lewat PPC, pebisnis online harus merogoh kocek antara Rp 3000,- sampai Rp 30.000,- per klik atas kunjungan calon konsumen ke situsnya. BIaya sebesar itu harus dibayar oleh pebisnis online kepada pengelola mesin pencari, misalnya Google.

Pembayaran PPC biasanya masuk ke tagihan kartu kredit pemilik website. Namun jika tidak mau repot, pebisnis online bisa menggunakan jasa konsultan bisnis online untuk memasarkan produknya melalui PPC. Tentu ada komisi yang dipatok oleh konsultan bisnis online atas jasanya tersebut. Biasanya sekitar 20% dari total nilai PPC.


4. Memasang Banner
Selain metoda PPC, strategi pemasaran bisnis online lainnya adalah melalui pemasangan banner. Banner adalah gambar grafis dengan ukuran tertentu yang disiapkan di antara isi suatu halaman website.

Biasanya sebuah banner dilengkapi dengan linkyang bila di klik oleh calon konsumen akan membawanya ke suatu situs internet. Biaya pemasangan banner tergantung dari tarif ikaln yang dipatok situs media online. Sebaiknya banner dipasang di media online yang sudah punya nama atau situs jejaring social, seperti Facebook, Twitter, atau media iklan lainnya.


5. Design Website
Design website adalah elemen penting dalam menilai seberapa menarik dan berkualitas suatu situs website atau blog seorang pebisnis online. Dengan design yang menarik, calon konsumen akan semakin betah menjelajahi halaman-halaman yang ada di website tersebut. Selain itu juga website bisa terlihat lebih profesional dan akan menghilangkan kesan bahwa situs tersebut dibangun ala kadarnya.

Dalam menjalankan bisnis online, design website atau blog yang digunakan sebagai tempat berjualan sangat menentukan pemasaran produk atau jasa yang ditawarkan. Jadi buatlah tampilan website semenarik mungkin sehingga konsumen merasa senang dan nyaman mengunjungi website kita.


6. Foto Produk
Foto produk juga memegang peranan penting dalam berjualan di situs online, karena menjual produk dan jasa melalui online sangat berbeda dengan bisnis offline. Di bisnis online, calon konsumen tidak bisa secara langsung menentukan kualitas produk yang dijual. Karena itu, baiasanya beberapa pebisnis online memiliki divisi foto tersendiri untuk merangsang calon konsumennya lewat foto produk yang memikat. Sebisa mungkin, foto produk yang ditawarkan memancing minat beli calon konsumen.


7. Memanfaatkan Jaringan Sosial
Strategi pemasaran lainnya adalah social media marketing. Media social marketing bisa menggunakan Facebook, Twitter, Ning, Plurk, dan sebagainya. Social media bisa menjadi media yang paling bagus ketika berbicara tentang pemasaran di internet. Maklum, belakangan ini banyak orang yang hanya menggunakan internet untuk kebutuhan bersosial, khususnya lewat Facebook dan Twitter.

Bagaimana memanfaatkan social media sebagai sarana berbisnis online ? Kita cukup membuat akun di social media, carilah teman sebanyak mungkin, lalu berinteraksi secara rutin. Selanjutnya upayakan mendapat teman yang sepaham dengan tema website atau blog yang kita rencanakan untuk dipasarkan via internet.

Sebelum melakukan pemasaran melalui jalur media social media marketing, ada sejumlah langkah yang harus dilakukan seorang pebisnis online. Langkah pertama adalah menentukan dahulu tujuan berpromosinya, apakah untuk pencitraan merk, customer relationship management, atau untuk keperluan lain. Langkah lainnya adalah membuat perencanaan sasaran khalayak. Misalnya dari sisi usia, jenis kelamin, dan tingkat pendidikan audiens. Setelah itu kita cek apakah audiens yang kita bidik tertatrik menggunakan social media atau tidak, dan apakah mereka aktif atau tidak, dan barang apa yang mereka cari dan gemari.

Para pebisnis online juga harus memahami pola pendekatan kepada calon konsumen bila berpromosi lewat sosial media. Yang harus dimengerti adalah karakter setiap audiens di sosial media berbeda-beda. Jadi pendekatan promosi melalui jaringan Facebook dan Twitter juga berbeda.. Sebagai contoh, anggota Facebook sebagian besar adalah anggota tetap yang didata melalui sebuah pengarsipan yang tersusun. Sedangkan anggota Twitter berasal dari pelbagai jaringan sosial. Jadi, tidak semua anggota Facebook adalah pengguna Twitter sekaligus, tap semua pengguna Twitter kemungkinan anggota Facebook.

Belakangan banyak para pebisnis online berpromosi lewat media sosial dengan menggunakan figur terkenal, seperti selebriti. Tetap yang terpenting adalah bagaimana melakukan percakapan dengan konsumen  terkait produk yang dijual. Endorser yang bagus tak mesti selebriti, bisa orang yang terkenal di media sosial.


8. Memanfaatkan forum dan milis
Pemasaran melaui forum dan milis merupakan cara terbaik untuk memperkenalkan bisnis online. Ada sejumlah langkah yang harus dilakukan oleh pebistif..nis online jika melancarkan promosi melalui forum. Pertama, cari forum-forum yang tepat. Tidak semua forum membawa manfaat bagi bisnis online. Salah satu forum yang tepat adalah Kaskus. Pemasaran via Kaskus sangat efektif.  Berpromosi lewat forum Kaskus sangat mudah. Kita tinggal mendaftar ke www.kas-kus.us dan bangun reputasi dengan komentar atau informasi, lalu buat postingan atau artikel di forum jual beli (FJB).

Berpromosi via kaskus ada yang gratis ada pula yang berbayar, dan fasilitas yang kita dapatkan juga berbeda. Untuk postingan gratis, anggota kaskus hanya bisa mempromosikan produk 2 kali sehari. Sedangkan anggota berbayar, frekuensi pemajangan produk bergantung pada sistem pembayaran yang dilakukan. Ada yang melalui PPC dan adapula yang melalui kontrak iklan.


9. Memanfaatkan situs-situs pengiklan
Strategi pemasaran bisnis online  lainnya  adalah memanfaatkan situs-situs pengiklan, seperti iklanbaris, indonetwork, e-bay, dan lain-lain. Sama halnya berpromosi lewat foorum, strategi pemasaran melalui situs pengiklan ada yang gratis ada pula yang berbayar. Tapi tahapan yang dilakukan sama. Kita tinggal mengisi keanggotaan, melampirkan keterangan produk, data-data produk,  dan foto produk.

Untuk yang gratis, sekali tampil di halaman pertama, tetatpi kalo ada iklan yang masuk, iklan kita langsung turun di baris bawah. dan selanjutnya bisa tidak kelihatan lagi. Kondisi ini tentu saja berbeda jika kita memasang iklan berbayar, akan ada jaminan iklan kita akan terus tayang di situs.

Kunci berpromosi di situs iklan adalah harus rajin melakukan transaksi. Jika kita rajin bertransaksi, calon konsumen akan percaya bahwa produk kita bukan kacangan. Tetapi jika kita jarang bertransaksi konsumen akan beranggapan produk yang kita jual tidak laku di pasaran. Salah satu tips agar seseorang terlihat rajin bertransaksi adalah bekerja sama dengan kolega penjual, agar memberikan komentar yang bagus mengenai produk yang kita jual.



10. Membangun kepercayaan
Yang tidak kalah penting adalah menanamkan kepercayaan calon konsumen kepada kita. Untuk menjaga kepercayaan konsumen, sebaiknya pebisnis online mencantumkan profil pribadi, e-mail, nomor telepon, serta alamat lengkap yang dapat dihubungi oleh para calon konsumen. Dengan cara ini calon konsumen dapat menanyakan secara langsung informasi yang mereka butuhkan.

Untuk menambah kepercayaan konsumen, ada baiknya pebisnis online menyediakan kotak testimoni yang akan menampung pertanyaan konsumen serta komentar para pembeli yang telah membeli produk. Hal ini juga dapat dijadikan sebagai bukti bahwa bisnis kita benar-benar mengirimkan barang yang dipesan.